Kamis, 01 April 2010

MAJAS

Majas dan Macamnya
Pengertian majas
Majas adalah gaya bahasa dalam bentuk tulisan maupun lisan yang dipakai dalam suatu karangan yang bertujuan untuk mewakili perasaan dan pikiran si pengarang.

Macam macam majas
  1. Majas Metafora yaitu gabungan dua hal yang berbeda yang dapat membentuk suatu pengertian baru. contoh: kambing hitam; pahlawan kesiangan.
  2. Majas Alegori yaitu majas perbandingan yang memperlihatkan suatu perbandingan yang utuh. contoh: Suami sebagai nahkoda, Istri sebagai juru mudi.
  3. Majas Personifikasi yaitu majas yang melukiskan suatu benda dengan memberikan sifat – sifat manusia kepada benda, sehingga benda mati seolah-olah hidup. contoh: Bagai awan menari – nari di angkasa.
  4. Majas Asosiasi atau majas perumpamaan yaitu suatu perbandingan dua hal yang berbeda, namun dinyatakan sama. contoh: Bagaikan menulis didaun talas.
  5. Majas Antilesis yaitu gaya bahasa yang membandingkan dua hal yang berlawanan. contoh :
    Air susu dibalas air tuba.
  6. Majas Hiperbola yaitu gaya bahasa yang bersifat melebih – lebihkan. conto: jantungku hampir copot mendengar kabar itu.
  7. Majas Ironi yaitu gaya bahasa yang bersifat menyindir dengan halus. contoh: Bagus sekali tulisanmu, sampai – sampai tidak bisa dibaca.
  8. Majas Litotes yaitu majas yang digunakan untuk mengecilkan kenyataan dengan tujuan untuk merendahkan hati. contoh: silakan mampir ke gubuk saya.
  9. Majas Sinisme yaitu majas yang menyatakan sindiran secara langsung. contoh: Perilakumu membuatku kesal.
  10. Majas Oksimoron yaitu majas yang antarbagiannya menyatakan sesuatu yang bertentangan. contoh: Cinta membuatnya bahagia, tetapi juga membuatnya menangis.
  11. Majas Metonimia yaitu majas yang memakai merek suatu barang. contoh: paman membeli mobil kijang keluaran terbaru.
  12. Majas Alusio yaitu majas yang mepergunakan peribahasa / kata – kata yang artinya diketahui umum. contoh: Upacara ini mengingatkan aku pada proklamasi kemerdekaan tahun 1945.
  13. Majas Eufemisme yaitu majas yang menggunakan ungkapan halus atau sopan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar